SKL UN FIQIH - USHUL FIQIH

USHUL FIQIH

Sumber-sumber Hukum Islam, Pengembangan, dan Kaidah-Kaidahnya 

Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang:

1.     Sumber-sumber hukum Islam. 
2.     Konsep pengembangan hukum Islam. 
3.     Kaidah-kaidah ushul fiqih. 
4.     Hukum-hukum syara’ dan jenis-jenisnya. 


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

1.     Kedudukan dan fungsi sumber-sumber hukum Islam. 
2.     Hirarki sumber-sumber hukum Islam. 
3.     Memberi contoh dan menentukan masingmasing kaidah ushul fiqih. 
4.     Memberikan contoh dan menentukan konsep dasar tentang ijtihad, ittiba’, taqlid, talfiq serta konsep ta’arudh aladillah, tarjih dan penyelesaiannya, dan perbedaan mazhab fiqih. 


Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:

1.     Hubungan konseptual antara sumber-sumber hukum Islam. 
2.     Potensi ijtihad di zaman sekarang. 
3.     Perbedaan mazhab. 




FIQIH

Siyasah Syar’iyah dan Jihad 
Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang:

1.     Konsep pemerintahan Islam (khilafah). 
2.     Konsep yang benar tentang jihad dalam Islam.

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

1.     Ketentuan, syarat, dan tugas khalifah. 
2.     Memberikan contoh jihad yang benar di zaman sekarang. 

Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam menyimpulkan:

1.     Peristiwa pemilihan kepala negara. 
2.     Klaim jihad yang dilakukan oleh kelompok yang menyimpang dari ajaran Islam. 


Hukum Pidana Islam 
Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang: - Jenis-jenis hukum pidana Islam. - Definisi kategori masing-masing tindak kejahatan dan dalil-dalilnya.
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang syarat-syarat dan ketentuan sebab tindak kejahatan dalam pidana Islam.
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji: - Kasus-kasus kejahatan yang terjadi di masyarakat. - Hikmah penerapan hukum pidana.

Hukum Keluarga dan Waris 
Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang:

1.     Hukum perkawinan dalam Islam dan hikmahnya. 
2.     Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia. 
3.     Menjelaskan konsep Islam tentang talak, ’iddah, rujuk, dan hikmahnya. 
4.     Menjelaskan ketentuan Islam tentang hadhanah. 
5.     Menjelaskan ketentuan Islam tentang hukum waris.
6.     Menjelaskan ketentuan Islam tentang wasiat.

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

1.     Contoh pernikahan yang legal dan ilegal menurut hukum Islam dan ketentuan perundang-undangan di Indonesia. 
2.     Mengaitkan hubungan antara talak, ’iddah, dan rujuk sesuai ketentuan hukum Islam. 
3.     Hubungan antara ibu, ayah, dan anak dalam ketentuan hadhanah. 
4.     Bagian masing-masing ahli waris, hubungan antara warisan dan wasiat, dan contoh pelaksanaannya.

Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam:

1.     Menganalisis kasuskasus pernikahan yang menyimpang di masyarakat. 
2.     engevaluasi kasuskasus talak, ’iddah, dan rujuk di masyarakat. 
3.     Kasus-kasus hadhanah yang terjadi di masyarakat. 
4.     Permasalahan kewarisan dan wasiat dalam masyarakat. 


Peradilan dalam Islam 
Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang arti, fungsi dan hikmah peradilan serta unsur-unsurnya.

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

1.     Ketentuan hakim dalam peradilan Islam. 
2.     Ketentuan saksi dalam peradilan Islam. 
3.     Ketentuan penggugat dan tergugat serta bukti dakwaan atau gugatan dalam peradilan Islam. 

Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam menganalisis proses pelaksanaan peradilan Islam.


1 comment: